Program Studi Pariwisata Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung lakukan Benchmarking ke Program Studi Pariwisata Universitas Brawijaya Malang

Sebagai salah satu persyaratan dalam pengembangan kualitas Pendidikan dala era milenial dan kotemporer saat ini, Program Studi dituntutu untuk melaksanakan kegiatan yang proaktif salah satunya dalam bentuk pembelajaran. Sebagai salah satu pelaksana Pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Program Studi Pariwisata Syariah yang berfokus pada pengembangan bisnis kepariwisataan yang menggunakan prinsip Syariah dengan kajian serta madzhab hukum islam sadar betul bahwa urgensi pelaksanaan Pendidikan dirasa perlu melakukan pengembangan isu relasi dalam dunia bisnis konvensional sebagai Langkah awal pengembangan khususnya isu utama dalam pengembangan pariwisata Syariah saat ini di Indonesia. 
 
Dalam rangka peningkatan serta penguatan Akademis, termasuk penugasan sehara dan pembelajaran berkaitan dengan Bisnis Kepariwisataan khususnya yang telah dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawjijaya Malangs sejak berdirinya Program Studi Pariwisata (mulai berdiri sejak 2011), Prodi Pariwisata Syariah melakukan penjemputan ilmu dengan mendatangi langsung sumbernya. Prodi Pariwisata Syariah melakukan jajak pendapat serta membangun relasi terkait dengan tridharma Pergutuan Tinggi antara kedua unit penyelenggara Pendidikan tinggi tersebut. 
Pada hari Rabu tanggal 1 Desember 2021, diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. H. Mashudi, M.PdI serta staff Prodi Pariwisata Syariah Risdiana Himmati, S.E., M.Si , Fia Rahma, S.E., M.S.A dan Ketua Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Dyah Pravitasari, M.S.A serta Kasubag Bidang Akademi Drs. Miftakhul Huda, dan juga oleh Kepala Laboratorium Siswahyudianto, M.M rombongan disambut langsung oleh Dekan FIA UB Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D yang didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik FIA UB Yusri Abdillah, S.Sos., M.Si., Ph.D serta Kaprodi Ilmu Administrasi Bisnis Mohammad Iqbal, S.Sos., M.IB., DBA dan juga Sekertaris Program Studi Pariwisata Edriana Pangestuti, SE., M.SI., DBA. 
 
Pada kesempatan yang berharga ini dibicarakan juga berkaitan dengan Perjanjian Kerjasama antara kedua Program Studi Cakupan Kerjasama ini direncanakan meliputi tiga tridharma Pendidikan Tinggi. Aktivitas yang direncanakan berupa pertukaran mahasiswa dan dosen, kolaborasi seminar Nasional, dosen mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kolaboratif dosen/mahasiswa, dan perlombaan internasional antar kedua lembaga.
 
Berdasarkan keterangan dari Kaprodi Ilmu Administrasi Bisnis Mohammad Iqbal, S.Sos. yang membawahi langsung Prodi Pariwisata Kerjasama dalam era model Pendidikan dalam program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah syarat yang mutlak. Sehingga berdasarkan hal tersebut FEBI sebagai Fakultas yang menaungi Prodi Pariwisata Syariah memperluas jaringannya dalam bentuk Kerjasama resmi untuk mendukung program MBKM ini sebagai anggung jawab atas amanat yang diembankan oleh sistem pendidikan Nasional di Indonesia. “Mahasiswa kami memang tidak berasal dari satu sumber, setiap individu memiliki latar belakang yang jauh berbeda dari individu lainnya. Ini merupakan kesempatan sekaligus tantangan yang harus dihadapi oleh Prodi